Selasa, 12 April 2016

Menginstall Remix OS di komputer yang sudah terpasang GNU/Linux dengan Legacy BIOS

Remix OS adalah sistem operasi berbasis Android yang salah satunya dibangun dari Android-x86 yang dinamai Remix OS for PC. Remix OS for PC ini sama dengan Android lainnya, hanya saja dia sudah mendukung sistem multi window yang akan membuat Android yang dijalankan di komputer lebih tampak seperti sistem operasi komputer daripada Android pada umumnya.

Karena dibangun dari Android-x86, maka Remix OS for PC bisa dipasang dan dijalankan di komputer dengan prosesor Intel atau AMD x86 atau x86_64. Oleh karenanya, hampir semua komputer atau laptop yang umum digunakan sekarang bisa dipasang Remix OS for PC.

Remix OS for PC bisa didownload dari halaman http://www.jide.com/remixos-for-pc, di sana ada pilihan yang bisa digunakan antara 32bit atau 64bit. PC keluaran sekarang biasanya sudah mendukung 64bit, jadi disarankan menggunakan yang itu.

Untuk pengguna Windows, pada file yang didownload dari halaman di atas sudah ada alat/software untuk menginstall Remix OS for PC di harddisk atau flashdisk, jadi bagi pengguna Windows tinggal ikuti saja instruksinya.

Untuk pengguna GNU/Linux, walaupun tidak ada dokumentasi resmi di website Remix OS tentang bagaimana cara menginstall Remix OS for PC di komputer bersistem operasi GNU/Linux, tapi bisa diakali dengan menggunakan cara yang lebih mudah.

Caranya adalah, pada file .zip yang didownload dari halaman di atas, jika sudah diekstrak, akan terdapat tiga file, diantaranya: file .iso Remix OS for PC, alat/software untuk memasang Remix OS for PC di harddisk atau flashdisk (untuk Windows) dan file ke tiga adalah cara menggunakan software tersebut.

Ekstrak file .iso Remix OS for PC, setelah itu ubah nama foldernya menjadi 'RemixOS' (tanpa tanda petik). Simpan folder tersebut di sebuah partisi harddisk, misal, saya menyimpannya di harddisk pertama partisi ke dua atau biasa disebut 'sda2'. Setelah itu kita tinggal menambahkan sebuah entri di Grub, dengan cara mengedit file /etc/grub.d/40_custom sebagai root.

Yang ditambahkan di file tersebut adalah seperti berikut ini:

menuentry "Remix OS" {
set root='(hd0,2)' # karena saya menyimpannya di sda2
linux /RemixOS/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=remix_x86_64 androidboot.selinux=permissive quiet SRC=RemixOS/ DATA= CREATE_DATA_IMG=1
initrd /RemixOS/initrd.img
}

Lalu update Grub.

Perintah update Grub mungkin tidak sama antara satu distro dengan distro lain, contoh, di openSUSE perintahnya adalah sudo grub2-mkconfig -o /boot/grub2/grub.cfg, sedangkan di Ubuntu adalah sudo update-grub. Anda bisa mencari di halaman wiki distro yang Anda gunakan.

Ketika pertama kali dijalankan, Remix OS for PC akan terlebih dahulu membuat sebuah file untuk menyimpan data di direktori 'RemixOS' yang tadi kita buat. Untuk melewati proses ini saat pertama kali kita menjalankan Remix OS for PC kita bisa membuatnya terlebih dahulu.

Cara membuat file 'data.img' adalah dengan membuka terminal, lalu 'cd' ke direktori 'RemixOS'. Atau jika Anda menggunakan file manager Dolphin (KDE), Anda bisa membuka direktori 'RemixOS' di Dolphin, lalu tekan 'Shift + F4' untuk membuka terminal dari dalam direktori tersebut.

Setelah terminal terbuka, jalankan perintah berikut:

dd if=/dev/zero of=data.img bs=1G count=8

Tunggu sampai proses pembuatan file selesai. Jika Anda ingin data lebih dari 8 GB, Anda tinggal mengubah nilai count-nya.

Setelah selesai, jalankan perintah berikutnya:

sudo mkfs.ext4 data.img

Setelah selesai dengan kedua proses tersebut, Remix OS for PC siap dijalankan. Reboot komputer Anda, saat masuk Grub, pilih entri 'Remix OS'.

Saat pertama kali dijalankan, mungkin akan sedikit lama saat tampil layar splash dengan tulisan 'Remix OS', ini karena Remix OS sedang menjalankan initial setup. Berapa lamanya layar splash tersebut sangat tergantung dari performa komputer yang digunakan. Tunggu saja hingga layar pengaturan bahasa muncul. Saat dijalankan berikutnya akan jauh lebih cepat.

Selesai, kita bisa menikmati Android tanpa harus membeli ponsel atau tablet yang biasanya harganya justru lebih mahal dari harga komputer atau laptop.

Tulisan berikutnya saya akan menunjukkan bagaimana caranya mengaktifkan layanan Google, supaya kita bisa memasang aplikasi dari Google Play Store.


Update:
  • Remix OS for PC sekarang telah discontinued karena Jide selaku pengembang lebih memilih untuk fokus di kelas enterprise, jadi lebih baik diganti dengan Phoenix OS. Cara install Phoenix OS bisa di baca di link berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar